Kucingers's nest

Keyboard, Paper, and Bicycle

Contekan, sebuah alat bantu Programmer

Setelah kemarin ada yang memberikan komen di sini, saya jadi inget kalo sudah saatnya menulis lagi. mungkin tulisan yang ini sangat berbau teknis (atau nggak ya?). mudah-mudahan bisa jadi informasi yang berguna buat saya sendiri, dan kalo ada yang baca😀. Bismillah

Contekan ?😀 judulnya sengaja dibuat provokatif (atau malah norak ya?) . adalah sebuah catatan kecil berisi referensi singkat yang membantu kita untuk menyelesaikan tugas tertentu (kalo jaman sekolah buat bantuin ulangan). alat bantu untuk kita supaya kita bisa ingat pola-pola tertentu atau informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kita. berhubung tugas saya sehari-hari di kantor (bisa juga disebut kost-an, atau tempat tinggal) adalah programmer PHP (A.K.A orang yang sering koding) maka saya hanya membahas contekan yang berhubungan dengan pekerjaan saya. mungkin di lain waktu saya bisa menyempatkan diri untuk memberikan daftar contekan yang lain

buat saya contekan ini sangat membantu, apa lagi karena saya dikaruniai otak yang cepat lupa dan sangat membutuhkan pemicu untuk mengingat sesuatu. memang cheatsheet tidak didesain untuk memberikan jawaban lengkap dan mendetail tentang masalah atau problem yang sering kita hadapi, hanya sebagai pemicu bagi kita untuk menemukan jawaban atas persoalan tugas sehari-hari. Kalau mau jawaban lengkap ya sebaiknya menyediakan manual.

Dan inilah daftar contekan saya:

  1. Dimulai  dari yang paling familiar yaitu PEHAPE. contekan ini didapet dari addedbytes . isinya cukup lengkap, mencakup hal2 berikut. daftar fungsi-fungsi yang paling sering digunakan, fungsi-fungsi untuk membuka/membaca file, regular expression, dan fungsi-fungsi tanggal. contekan ini cukup baik dan terstruktur. bisa di unduh di sini
  2. Mod_rewrite pada apache. beluim lama ini saya dapet tugas untuk membuat URL yang SEO friendly, yang biasa dilakukan dengan memodifikasi file .htaccess pada direktori web di apache. saya sering “melirik” ke contekan ini lantaran saya juga termasuk baru coba-coba melakukan modifikasi pad URL, sampai saat ini baru 2 situs yang saya gunakan mod_rewrite nya. pertama situs semtube.com , dan yang ke 2 adalah gantibaju.com . contekan ini bisa didapat di sini
  3. MySQL . sebenarnya saya jarang melihat contekan ini, karena saya anggap kurang membantu (karena keterbatasan saya dalam pengetahuan query, saya lebih sering melihat mysql cookbook , O’reilly. karena memberikan contoh yang sangat banyak). contekan ini berisi fungsi-fungsi di MySQL, tipe data, fungsi-fungsi mysql di PHP, dan contoh query. masih dari addedbytes.com dan bisa di ambil di sini
  4. jQuery . contekan ini termasuk yang paling sering saya lirik karena saya sendiri masih sering lupa fungsi-fungsi di JQuery, maklum masih awam saya🙂. isinya berupa selectors, manipulasi, efek, ajax, dan lain-lain. banyak deh, sayangnya nggak ada contohnya. setidaknya fungsi-fungsi jquery cenderung simple dan bisa rekursif. contekan ini bisa di sikat di sini
  5. CodeIgniter. ini yang lagi seneng di oprek. framework yang menarik, dengan contekan yang kurang memuaskan, bisa di unduh di sini, masih versi 1.23 padahal sekarang CI sendiri sudah versi 1.7.1 . setelah baca2 di sini, ternyata ada yang buat untuk versi terbaru nya, yang pada saat menulis ini masih belum saya unduh, (rapidshare nya nolak IP)

Itu daftar contekan yang sering saya lirik, kecuali yang terakhir, karena blum saya lihat.

Tips dan Trik:

  1. Kalau memungkinkan sebaiknya dicetak, sebab saya sering alt-tab untuk melihat contekan agak nggak nyaman. Kalau mau lebih hemat nyetaknya di kertas bekas, yang penting kelihatan dan nggak perlu boros kertas
  2. dipasang ditempat yang mudah terlihat, dan tidak perlu terlalu banyak “nengok” (misalnya di sebelah monitor) atau yang masih dalam jarak pandang pekerjaan. intinya kalau bisa dilirik aja, ya nggak usah nengok
  3. cetak dalam proporsi yang masih bisa kamu lihat, jadi jangan cetak terlalu keci nanti nggak kliatan dan jangan terlalu besar, nanti makan ruang untuk kebutuhan yang lain
  4. Pasang dengan media yang mudah dilepas /pasang. seperti di tempel dengan magnet penjepit atau yang lain, jadi bisa dengan mudah di modifikasi layout nya (contekan-contekan saya masih terpasang di dinding rumah di Jln. Saninten, karena nggak bisa dilepas :(  )
  5. Sesuaikan layout pemasangan contekan dengan kebutuhan anda. yang penting nyaman
  6. contekan BUKAN manual, jadi jangan disamain yah, klo butuh info lengkap dan atau contoh, siapkan buku di bawah meja

note: kebanyakan dari tips dan trik blum saya coba, baru ide saja. mudah-mudahan klo ada yang nyoba mau membagi tipsnya yang lain

Akhirnya selesai juga menulis. Next flickr API deh, atau Codeigniter ya?

Mei 3, 2009 - Posted by | jquery, php | , , , , ,

1 Komentar »

  1. contekannya panjang amat yah …🙂

    still learning
    Ace dstarlight

    Komentar oleh RSS Directory | Maret 23, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: