Kucingers's nest

Keyboard, Paper, and Bicycle

Elina, sebuah R31

Elina adalah sebuah laptop Thinkpad seri R31 (2656-EEA) yang saya beli beberapa bulan lalu dengan harga miring (seharga henpon) dari seorang teman. Gimana nggak miring dia termasuk tua untuk ukuran laptop, dengan kemampuan yang seadanya (minim kalo orang-orang bilang). dengan disain fisik yang lumayan🙂. Body nya plastik (kalo besi dah dikilo-in kali sama yang punya) dan ringan soalnya saya lepas batrenya yang udah non functional. nggak licin agak-agak bertekstur gimana gitu, aneh tapi jadi enak megang nya (please, Elina itu laptop, jangan mikir yang nggak-nggak deh), seperti pola sidik jari di tangan yang bikin kita gampang megang sesuatu. di engsel layar sebelah kiri ada retakan yang membuat pemiliknya (saya) jadi agak berhati-hati kalau buka dia, dan miris kalo liat orang lain buka seenaknya aja (dan setelah diamati ternyata retakannya MEMBESAR, gawat deh ).

Keyboardnya nyaman, enak dan empuk, seneng ngetik pake Elina. Dengan tombol enter berukuran standar dan berwarna biru seperti layaknya thinkpad yang lain sampai sekarang. Tidak ada Touchpad, yap IBM waktu meluncurkan Elina dan kawan-kawan seangkatannya memutuskan untuk belum menggunakan touchpad sebagai piranti pengganti mouse pada laptop. Sampai sekarang pun masih ada seru thinkpad yang hanya menggunakan TrackPoint sebagai mouse, bahkan setelah diakusisi lenovo. untuk tombol “x” ada sedikit luka meleleh, mungkin dari pemakai sebelumnya. Trackpoint buat saya sebagai programmer memiliki nilai lebih, karena kebiasaan jempol saya bernaung di bawah tombol spasi, menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan waktu jempol tak sengaja menyentuh touchpad (pengalaman make axioo) dan jari saya nggak perlu pergi terlalu jauh ke bawah untuk menggunakan trackpoint. lagipula saya kan ngetik nya intense banget dibandingin mouse. jadi hehehe. gitu de.

Satu lagi ke-kerenan Elina, dia itu kalo buat ngetik di tempat gelap (night ops) masih bisa nyaman. Lantaran adanya ThinkLight diatas layar LCD yang pancaran sinarnya tepat menuju ke keyboard (diaktifkan dengan tombol Fn+PgUp). cocok buat kamu-kamu yang mau jadi spy

Setelah melihat luarnya, sekarang saya mau kasih tau isinya . Elina berprosesor Intel Pentium III 1.13 Ghz, dengan ber-memorikan 128mb SDRAM yang masih harus dishare dengan memori vga nya sekitar 16mb. menggunakan baterai 6-cell Li-ion (fully non-operational). dilengkapi dengan DVD-rom keren yang bisa langsung di bongkar pasang (menggunakan slot Ultrabay). layar 14.1″ XGA dengan resolusi 1025×768 (dah poll tuh). hdd hitachi 30gb (yang sudah agak bunyi, dan akhirnya diganti fujitsu 40gb) IDE. Elina juga dilengkapi dengan soundcard + speaker yang agak kresek-kresek. SmartLink Modem dan Lancard onboard. Ada wi-fi (wai pai) juga yang di pasang di slot mini-pci yang cuman satu-satunya. Dan masih ada paralel port, untuk printer jaman dulu

Kembali ke kisah Elina. Waktu pertama kali pindah tangan, dia itu OS nya windows xp dan terlihat sangat mengenaskan, gimana nggak buat nyetel film DVD pake windows media player aja heng. Asli pabrikan sih OS nya windows 2000 (ngeliat stikernya). tadinya dia saya pinjemin ke temen, biar saya pake axioo seri neon (tvm658) yang lebih baru dan kenceng, waktu itu Elina juga belum dikasih nama. Entah kenapa gak lama Elina saya pinjemin ke temen, saya jadi pengen mainin dia. Setelah pertukaran guling, saya ngerasa kalo windows xp di Elina terlalu membebani. FYI ternyata R31 nggak didisain untuk windows soalnya gak punya tombol jendela ;)).

Liat kan?, gak ada tombol jendela..

dah dulu. capek

Oktober 8, 2008 - Posted by | Umum | ,

3 Komentar »

  1. Ga di design untuk windows apa kalo pake windows jadi berad?
    makanya di install gentoo and fluxbox
    kekeke

    Komentar oleh dedi | Oktober 29, 2008 | Balas

  2. Nu…bagus..bagus..baru kali ini baca daleman komputer tanpa memeras otak….

    Komentar oleh iyra | Februari 13, 2009 | Balas

    • wahhh jadi inget punya blog, mana dah lama nggak diurus lagi, saatnya mulai menulis lagi nih

      Komentar oleh ibnu triyono | Februari 16, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: