Kucingers's nest

Keyboard, Paper, and Bicycle

Waw ada codeigniter, Pembakar Kode??

Kemaren ada yang nanya sama saya tentang Zend framework, kebetulan dia itu masih-masih baru kenal PHP (lah bukannya saya juga?), dia nanya “pak bisa ngajarin saya zend framework nggak?” , ternyata yang ditanya nggak lebih tau dari yang bertanya, akhirnya saya googling sebentar, tanya-tanya temen siapa tau ada yang tau tentang Zend Framework (selanjutnya disebut ZF) ini. Kebetulan ada, sayang nya sedang pulang kampung tuk nikah en nggak bisa kembali tuk waktu yang lumayan

Walhasil, yang bertanya pun agak kecewa lantaran yang ditanya nggak memenuhi standar (wew cupu banget sih gw), dan tutorial yang dikirimkan pun (saya dapet dari temen) ternyata dia dah punya, huhuhu , jadi merasa tumpul nih.

Tapi ada pelajaran yang bisa diambil dari situ. Selama ini saya cuma make Smarty template engine + ADODB database abstraction layer, yang notabene dah lebih dari satu tahun saya geluti. Kenapa nggak mencoba hal baru, at least buat ngilangin bosen selama ini, dengan koding yang itu-itu aja, jadi kyk kurang berkembang. Akhirnya setelah googling untuk membantu beliau, saya coba-coba tuk mencari tau framework PHP (bukan coba-coba melempar manggis yah), dan pilihan jatuuuhhhh keepaaadaaaa

CodeIgniter.

Kenapa?, karena:

  1. cepet (tes dengan apache benchmark)
  2. simple alias sederhana bin gampang
  3. membuat kodingan saya menjadi rapih (kyknya semua framework gini deh)
  4. kode-kodenya well documented
  5. gak perlu pake console tuk installnya
  6. adaptive, nggak terlalu ngekang
  7. et cetera, et cetera, et cetera

mungkin di atas hanya sebagai opini saya, seorang koder yang merasakan kejenuhan dengan kodingan sendiri yang kurang berkembang. Hmm jadi ky punya mainan baru nih

hohoho

September 2, 2008 - Posted by | Kandang Koding | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

